Rabu, 07 November 2012

0
Pemandian Keramat Si Raja Batak



Batu Cawan, demikian pemandian itu disebut. Batu Cawan termasuk satu dari sekian banyak situs di Gunung Pusuk Buhit yang sangat dikeramatkan oleh orang Batak (Toba). Disebut Batu Cawan, karena memang bentuknya mirip cawan (mangkuk). Letaknya persis di salah satu lereng gunung api sisa letusan Gunung Toba ini. Jaraknya 3 km dari pintu masuk dari Desa Limbong. Untuk sampai kesana, sedikitnya dibutuhkan waktu sekitar dua jam berjalan kaki. Rute yang dilewati pun cukup terjal karena jalanan yang berbatu dan menanjak. Barulah, kira-kira setengah perjalanan, akan dijumpai tangga-tangga pendakian hingga sampai ke Batu Cawan.
Konon Batu Cawan dulunya merupakan tempat mandi Si Raja Batak, yang menurut keyakinan lokal masyarakat Batak (Toba), berdiam di Pusuk Buhit. Kebetulan di sekitar Batu Cawan, banyak dijumpai sisa-sisa sesajen bekas orang yang menjalani ritual sebelum-sebelumnya. Hal itu menandakan bahwa tempat ini, termasuk rutin dikunjungi penziarah. Apalagi tempat ini dijaga oleh salah seorang penduduk lokal bermarga Limbong yang dengan setia memandu penziarah.
Memang di sekitar Batu Cawan didirikan semacam altar dari keramik, tempat meletakkan kurban. Di situlah biasanya penziarah meletakkan kurban yang dibawanya. Umumnya berupa sirih, jeruk purut, telur ayam kampung, rokok, buah-buahan dan ada juga yang membawa ayam bahkan kambing untuk kemudian dilepaskan di sana. Akibatnya tempat ini terasa begitu mistis.

Sedangkan di Batu Cawan sendiri, yakni kolam pemandian Sang Raja tampak jernih. Dasar kolam sendiri kelihatan sangat jelas, berupa batu-batu. Penulis menaksir cerukan terdalam dasar kolam, kira-kira 1,5 meter dengan diameter sekitar 3 meter. Ada tradisi yang unik ketika hendak meminum airnya. Seseorang harus langsung meminum tanpa menggunakan media bantu seperti cangkir maupun tangan. Caranya langsung menundukkan kepala sampai mulut menyentuh permukaan air. Setelah meminum airnya, barulah orang tersebut boleh mencuci muka, membasahi rambut atau membawa air itu untuk dibawa pulang. Posisi minum yang demikian tentu sangat berisiko. Karena posisi bibir kolam, tempat pengunjung harus berjongkok untuk minum, langsung berbatasan dengan jurang di bawahnya yang sedalam puluhan meter. Begitu mahalkah harga sebuah keyakinan? Jawabannya tentu tergantung pribadi masing-masing orang.

Air di Batu Cawan ini memang unik. Permukaannya berwarna hijau kekuningan serta tampak berminyak. Tetapi ketika diambil, sama sekali tidak ada minyak di atas air itu. Rasanya pun masam persis air perasan jeruk purut. Padahal tidak ada sebiji pun juruk purut di kolam itu. Airnya bersumber dari air terjun kecil yang berasal dari himpitan tebing batu setinggi kira-kira 6 meter. Di atas tebing itu tampak tumbuh-tumbuhan perdu dan beberapa pohon besar. Jadilah pemandian ini seperti telaga, layaknya tempat dewa-dewi mandi, seperti yang sering kita baca dalam dongeng-dongeng.

Meski berupa cerukan, air ini selalu berganti, karena ia mengalir ke jurang di bawahnya. Nah, air yang mengalir ke jurang itulah yang boleh dimandikan pengunjung. Apalagi di tempat itu sudah dibangun pula bak-bak pemandian lengkap dengan ruang ganti dan toilet. Di sekitar itulah pula, penulis menemukan banyak sekali jeruk purut yang memenuhi sepanjang aliran air.

0 komentar:

 
TOGA LAUT PARDEDE | © 2010 by DheTemplate.com | Supported by Promotions And Coupons Shopping & WordPress Theme 2 Blog