Rabu, 07 November 2012

0
PUSUK BUHIT Bermula Budaya Batak

Pusuk Buhit


Pusuk Buhit adalah satu tempat di kabupaten Tapanuli Utara yang tadinya satu kesatuan dengan pulau Samosir. Namun untuk mempermudah transportasi air, pemerintah kolonial Belanda membangun kanal, yang kini dinamakan Tano Ponggol.
Di kaki Pusuk Buhit sebelah timur terdapat mata air panas yang merasa asam dan belerang.
Daerah yang dihuni berbagai masyarakat ini, kita dapat menemukan peninggalan Batak Purbakala. Desa sebelah Timur adalah Siogungogung, banyak dihuni oleh marga keturunan Naiabbaton yaitu Sitanggang, Naibaho dan Simbolon. Tenggara Tanjung Bunga, banyak dihuni oleh marga Sitanggang dan Naibaho.Selatan Negeri boho, banyak dihuni olehLimbong, Sihole, Situmorang dan Sinaga. Barat Negeri-Limbong banyak dihuni oleh Limbong Sihole, dan Barat Laut Negeri sagala, banyak dihuni oleh sagala dan Siboro.
Pada pertengahan Pusuk Buhit ada dua bagian, sebelah Barat desa Huta Pariksabungan adalah desa op.Guru Tateabulan dengan berbagai peninggalan. Sebelah Barat adalah:
1. Batu Hobon
2. Batu Pargasipan
3. Sianjur Mulamula Sianjur Mulajadi / desa op.Siraja Batak
4. Aek Sipaulak Hosa / aek ni op.Raja Batak
5. Mual Siboru Pareme
 

6. Aek Sipitu Dai
7. Batu Nanggarjati / pertukangan Sariburaja
8. Harian Lontung / pohon Hariara pertanda perdamaian antara keturunan Lontung dengan keturunan op.Guru Tateabulan dan Sorimangaraja / awal hoda Somba ke op.Raja Uti / awal Dalihan na Tolu. Sebelah Timur adalah: 
1. Huta Sijambur
2. Batu Guru / pertanda Batara Guru

3 Batu Sori / pertanda Debata Sori
4 Batu Hoda / pertanda Balabulan / lokasinya didalam danau / kelihatanbilaair surut
5.Batu Siungkapon / penutup lubang raja Padoha ke banuatoru / lokasitanoponggol
6.Batu Siogungogung / penyimpanan pusaka raja Naisumbaon
7.Aek Parsuangan / aek ni raja naisumbaon
8.Huta Jabu Hela / desa Sorimangaraja dan anak anaknya: Naiambaton
Nairasaon dan Naisuanon
Di huta Pariksabungan sebagai desa op.Guru Tateabulan juga dapat kita temukan: losung, batu partonggoan, liang Raja Uti., Tala Pusuk Buhit / tempat semedi op.Raja Batak dan anak anaknya bersatu dengan Debata Mulajadi Nabolon, aek Malum.
Di huta Pariksabungan inilah kelahiran ke lima anak dan lima putri op.Gurutateabulan: Op.Raja Uti, Sariburaja, Limbong Mulana, sagala Raja dan Silauraja. Sedangkan kelima putrinya: Siboru Biding Laut yang menikah dengan Tuan Sorimangaraja, Siboru Pareme yang menikah dengan saudaranya Sariburaja, Siboru Anting sabungan menikah menggantikan kakaknya yang meninggal ke Tuan Sorimangaraja, Siboru Punggahaomason dan Nantinjo / keramat Danau Toba.
Di huta Sijambur / desa raja Naisumbaon dan anaknya Tuan Sorimangaraja, dapat juga kita temukan: batu paluon ogung, batu Sarune, batu gordang, batu taganing.

0 komentar:

 
TOGA LAUT PARDEDE | © 2010 by DheTemplate.com | Supported by Promotions And Coupons Shopping & WordPress Theme 2 Blog